Jumat, 20 Juli 2012

CARA MERAWAT FLASHDISK BESERTA TIPS-nya


CARA MERAWAT FLASHDISK.
Udah pada tau flashdisk kan? Itu tuh salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floopy disk atau disket. Sebenarnya flashdisk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 MB maka sebuah flashdisk mampu menyimpan data mulai 32 MB – 16 GB, tergantung dengan berapa kapasitasnya.
Selain kualitas, mahal tidaknya flashdisk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya, semakin mahal pula harganya. Memang sih, harga flashdisk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali diluncurkan, tapi harga sebuah flashdisk tidak bisa dibilang murah lho. Nah agar flashdisk kita awet, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus dirawat lho. Bukan karena harganya yang relatif mahal, tapi juga agar data-data penting yang tersimpan didalamnya lebih aman.
Berikut ini tips “Bagaimana merawat dan menggunakan flashdisk dengan benar” antara lain: 


1.        Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat.
Barang-barang elektronik seperti TV dan handphone sangat idak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya didekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flashdisk dan handphone ditempat yang sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau ingin flashdisk kamu berumur panjang,  jangan lagi menyimpannya ditempat yang sama.
2.        Jangan Terkena Air.
Meski ada beberapa merk yang mengklaim Waterpoof, menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang, mendingan tidak ambil resiko kan?
3.        Virus Scan.
Saat pengambilan data atau pemindahan data dari PC ke flashdisk, sangat mugkin bukan hanya data yang  berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi  jika kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flashdik kamu dapat dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan Scan Virus secara berkala dengan Software Anti Virus yang tersedia.
4.        Proses Eject atau Stop.
Selalu melakukan proses Eject atau stop sebelum mencabut flashdisk dari Port USB. Selain dapat menjadikan flashdisk rusak, tidak melakukan Eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan didalamnya.


5.         Jauhkan dari Tempat Panas.
Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flashdisk di mobil.
6     Hindari Benturan Keras.
Jagalah flashdisk kamu baik-baik dari benturan keras.
7.        Tutuplah Selalu.
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika Socket flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Selalu tutup agar tidak kotor, jangan malah dihilangin tutupnya!
8.        Minimalisir Proses Hapus-Tulis.
Sama seperti kita, flashdisk kita juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merek dari flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000-100.000 kali proses hapus-tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flashdisk.



===== Selamat Mencoba=====


Tidak ada komentar:

Posting Komentar